Cara Konfigurasi Printer dan Data Access Windows 10

Mengkonfigurasi Data Access Windows 10 adalah mengatur pengaksesan data dari jauh, baik itu lewat HomeGroup, melalui LAN, atau disaat berpergian menggunakan jaringan mobile. Kali ini mudah belajar windows akan memberikan tutorial singkat tentang pembagian dan pengaturan data access ini.

Tutorial singkat tentang Windows, Office, dan Jaringan akan coba dicoba untuk dituliskan ke dalam blog sederhana ini mulai dari Windows XP sampai Windows terbaru. Dari Microsoft Office sampai MS PowerPoint. Dari Iphone sampai Ipad dan Photoshop akan hadir di blog ini.

Mengatur Pembagian File dan Printer di Windows 10

Dalam satu kesatuan organisasi baik itu dalam kantor, dalam pekerjaan, ataupun dalam kolaborasi rekan-rekan dalam satu proyek sering membutuh sumber yang terpusat pada satu tempat, contohnya pembagian akses file dan akses printer. Pada Windows 10 pembagian ini secara default di nonaktifkan. Tapi secara otomatis aktif setelah anda membagi satu folder dengan kolega lain namun cara ini rentan dengan pengijinan otomatis firewall. Makanya berikut kita akan mengaturnya secara manual.

SMB (Server Message Block) dan Network Recovery

Bagi-bagi file pada Windows 10 dilakukan oleh layer aplikasi protokol jarigan yang bernama Server Message Block (SMB). Terlebih dahulu silahkan cek versi SMB anda dengan langkah-langkah berikut:
  1. Masuk ke komputer dengan akun Administrator.
  2. Buka File Explorer cari navigasi share atau mapped folder pada jaringan hingga file yang ingin dibagikan terlihat di sebelah kiri panel.
  3. Di File Explorer Menu, klik File lalu pilih Open Windows Powershell as Administrator.
  4. Konfirmasi UAC jika muncul.
  5. Lalu ketik pada Windows PowerShell perintah cmdlet Get-SmbConnection, jika proses anda benar maka akan muncul versi SMB komputer yang anda gunakan.
Dengan proses ini, maka akan terjadi proses pengecekan penyamaan versi antara klien - server, atau klien - klien untuk versi SMB terbaru (Versi 3.0 atau lebih untuk Windows 10). Setelah melakukan langkah-langkah ini maka bisa dipastikan komputer anda akan bisa ditemukan dalam jaringan oleh komputer lain.

Berbagi File dengan Menggunakan Sharing Wizards di Windows 10

Share tab di File Explorer memungkinkan anda untuk memulai File Sharing Wizard. Di sebelahnya ada tab Advanced Security yang berguna untuk mengatur pembatasan dan keamanan dalam File Sharing Wizard.

Sesuai aturan, sebuah file tidak bisa dibagi-akseskan jika kita belum membagi-akseskan folder induk. Satu hal lain yang menarik dari Windows 10 adalah kita bisa membagi-akseskan file dan data-data yang ada pada profil pengguna, seperti documents, download, folder gambar bisa dibagi-bagi kepada pengguna lain. Bagaimana caranya simak caranya di bawah: 

  1. Masuk ke komputer sebagai administrator.
  2. Buka File Explorer beralih ke navigasi user's profile.
  3. Klik kanan file, contohnya gambar user's profile.
  4. Pilih Share with, Specific People.
  5. Saat kotak People To Share With disorot, pilih a User or Group lalu klik Add.
  6. Atur permission level ke Read atau Read/Write lalu klik Share. Sampai di sini File Sharing Wizard selesai.
  7. Anda bisa mengatur opsi membagikan link file yang ingin anda bagikan.
  8. Lalu klik Done!

Berbagi Printer di Windows 10

Windows 10 menyediakan pengaturan pembagian printer yang terinstal melalui Print Management Tools. Kali ini anda akan belajar cara membagi printer, mengatur printer dan bagaimana mencetak print server.

Saat printer baru ditambahkan ke komputer, biasanya plug and play akan langsung menginstalnya secara otomatis. Namun sebelum anda menginstal dan membagi printer ada baiknya anda mengerti dulu tentang beberapa istilah yang sering orang salah artikan mengenai printer. Berikut cara menambahkan dan membagi printer di Windows 10.

  1. Klik tombol Start lalu ketik 'printer'.
  2. Klik Device and Printers.
  3. Di Device and Printes klik Add Printers.
  4. Di halaman Add A Device klik The Printer That I Want Isn't Listed.
  5. Di halaman Find A Printer By Other Options, pilih Add A Local Printer atau Network Printer With Manual Setting lalu klik Next.
  6. Di halaman Choose A Printer Port, verifikasi Use An Existing Port terpilih lalu klik Next.
  7. Di halaman Install The Printer Driver, di Manufacturer List pilih Microsoft. Di Printers List pilih Microsoft TCL6 Class Driver lalu klik Next.
  8. Di halaman Type A Printer Name, di kotak Printer Name ketik Reception Printer lalu klik Next.
  9. Di halaman Printer Sharing, klik Next.
  10. Pastikan dan lihat printer di set ke default printer, lalu klik finish.

Mengatur Printer Security Permissions

Secara default pengaturan keamanan untuk shared printer mengijinkan semua orang, baik anggota grup ataupun Users, ataupun Administrators untuk melakukan print, mengatur printer dan mengatur documents. Nah untuk mengatur dan membatasi ijin penggunaan printer, apakah hanya members atau grup tertentu yang bisa melakukan printing bisa dilakukan setting sebagai berikut:

  1. Klik Start, lalu ketik printer.
  2. Klik Device And Printers.
  3. Di Device And Printers, klik kanan Reception Printer, pilih Printer Properties lalu pilih tab Security.
  4. Di kotak dialog Reception Printer Properties, pastikan Everyone terpilih lalu klik Remove.
  5. Klik Add, di kotak Enter Object Names To Select masukkan Users lalu klik OK.
  6. Di seksi Permissions For Users tambahkan ijin Manage Documents Allow, pastikan bahwa ijin Allow Print terpilih lalu klik OK.
Dari pengaturan di atas, walau setiap orang dan orang yang diijinkan bisa melakukan print, tapi tidak semua orang bisa membatalkan print, me-restart Print Spooler service dan mengatur printer kalau terjadi kesalahan. Hanya Administrators yang punya hak penuh terhadap printer.

Demikian Cara Konfigurasi Printer dan Data Access Windows 10 bisa anda temukan di link https://mudahbelajarwindows.blogspot.com/2017/09/cara-konfigurasi-printer-dan-data.html Semoga berguna.

Comments