Cara Merubah Setingan Sleep di Windows 10

Windows dilengkapi dengan fitur idle yang bisa membuat komputer beralih ke Sleep Mode untuk menghemat energi dan masa pakai baterai.  Dalam Sleep Mode, komputer mematikan semua kegiatan, dan semua setingan disimpan. Saat Anda hingga ingin kembali mengendalikan sistem, Sleep Mode kembali menghidupkan setingan yang ada. Dalam panduan ini, kita berbagi cara mengubah setingan Sleep Mode di Windows 10. Sebelumnya baca juga Cara Merubah Pengaturan Monitor Ganda di Windows 10.

cara mudah belajar windows dan tutorial office

Cara Kerja Sleep Mode di Windows 10

Jika anda melihat monitor anda dimatikan setelah beberapa menit saat tidak ada aktivitas. Itu bukanlah Sleep Mode. Karena tampilan menghabiskan banyak daya, mematikan layar adalah langkah pertama yang dilakukan Windows. Ini adalah kondisi ideal dimana anda mulai menggunakan komputer anda dalam beberapa menit.

Dalam sleep Mode, juga dikenal dengan istilah Standby Mode atau Suspended Mode adalah keadaan dimana komputer menghemat penggunaan RAM. Sehingga komputer seperti dimatikan. Saat itu anda bisa mendengar kipas berputar pada kecepatan lambat, menandakan komputer masih hidup, menunggu input dari mouse atau keyboard.

Cara mengganti Sleep Mode di Windows 10

Cara merubah daya dan setelan Sleep Mode di Windows 10:

Masuk ke Setting > System > Power & Sleep

Anda memiliki dua opsi di bawah Screen and Sleep.

Di bawah Sleep, anda bisa mengatur waktu berapa lama anda ingin menunggu komputer sebelum tidur:

Saat dicolokkan ke listrik

Saat hidup dengan baterai

Jika anda punya komputer desktop, anda hanya punya opsi yang pertama. Sementara pada laptop, kedua setting akan tersedia. Dianjurkan untuk memilih waktu yang lebih singkat ketika sedang di baterai, dan lebih lama jika sedang dicolokkan. Anda juga menerapkan setelan yang sama pada layar.

Setelan Daya Tambahan

Di bagian Power & Sleep Section, di sebelah kanan, anda memiliki setelan daya tambahan. Ini membuka beberapa opsi. Anda bisa membuat rencana daya khusus, aktifkan ultimate performance mode, rubah hal yang dilakukan oleh tombol Power saat ditekan, dan lain-lain.

Jika anda menggunakan laptop, pastikan anda mengetahui kelebihan dan kekurangan setingan daya ini, lalu rubah setingan Sleep.

Demikian cara merubah setingan Sleep Mode di Windows 10, semoga bisa membantu anda belajar Windows 10 dengan mudah dan cepat di Cara Belajar Windows dan Tutorial Microsoft Office Lengkap.(MA)

Comments