Membuat Wifi Hotspot Modem USB Windows

Tutorial membuat Wifi hotspot Modem USB Windows 8 ini adalah cara kita membagi jaringan modem usb kita melalui sinyal wifi laptop, sehingga kita bisa ber wi-fi ria dengan handphone ataupun device lain yang bisa menangkap sinyal wifi jaringan yang dibagi tersebut. Tutorial ini hanya berfungsi untuk Windows yang mendukung Hosted Network. Baca juga Cara Konfigurasi Printer dan Data Akses Windows 10.

Berikut Tutorial Cara Membuat Wifi Hotspot Windows

Sebelumnya kita cek dulu apakah Windows yang anda pasang mendukung hosted network melalui CMD commands. Caranya aktifkan CMD sebagai Administrator dengan menahan tombol Windows lalu tekan tombol F (Windows + F) lalu ketik cmd, maka akan muncul file cmd yang akan kita nyalakan. Klik kanan CMD lalu pilih Run as Administrator maka commands prompt akan nyala sebagai administrator. Ketik [netsh wlan show drivers] cari informasi tentang dukungan hosted network. Jangan tutup cmd commands karena kita menggunakan cmd commands untuk setting wifi hotspot.

tutorial window dan microsoft office

Setelah kita tahu bahwa Windows mendukung hosted network, lanjut silahkan pasang modem anda koneksikan seperti biasa. Setelah terpasang dan tersambung kita kembali ke cmd, ketikkan [netsh wlan set hosted network mode=allow ssid=idkamu keys=kuncikamu] tekan enter.


Setelah berhasil setting di atas lanjut ketik [netsh wlan start hosted network] di cmd commands


Sampai di sini setting melalui CMD sudah selesai, selanjutnya kita masuk ke network adaptor di laptop. Simpel caranya tahan tombol Windows + R lalu ketik [ control ], lalu pilih Network and Sharing Center.


Lalu bagi jaringan modem kamu dengan klik kanan seperti di gambar di atas lalu pilih properties, pilih sharing


Sampai sini cara setting wifi hotspot modem usb windows sudah selesai, tinggal anda menguji apakah jaringan hotspot anda sudah bisa tersambung atau belum.


Demikian Tutorial Membuat Wifi Hotspot Modem USB di Os Windows, semoga membantu dan berguna. Kalau ada pertanyaan atau sesuatu yang tidak jelas bisa anda layangkan di kolom komentar, terima kasih.

Comments