Facebook Menjadi Candu Seperti Rokok

tutorial mudah belajar windows facebook seperti candu rokok
Facebook menjadi candu seperti rokok dan dibutuhkan regulasi untuk membatasinya. Seperti diberitakan oleh media Amerika USA TODAY, Facebook sangat mencandu dan berpengaruh terhadap kesehatan psikologi massa dan remaja. Banyak anak-anak, remaja dan orang dewasa terjebak secara psikologis dalam jejaring media sosial terbesar sejagat tersebut. Seperti dilansir dari ucapan seorang CEO tenar Sales Force, Marc Benioff, "Ku kira kita perlu mengaturnya seperti industri rokok, ini adalah produknya, bisa menyebabkan kecanduan dan itu tidak bagus karena terlalu banyak paralelitas."

Facebook semakin menjadi fenomenal di seluruh belahan dunia. Dengan pertumbuhan pengguna yang bukannya berkurang, ataupun datar malah bertambah dari hari ke hari. Satu hal yang menjadi kesalahan dan sisi buruk Facebook yaitu menyita waktu dan perhatian pengguna yang kemudian membahayakan rasa kemanusiaan mereka sendiri.

Menjadi perhatian salah satu pentolan Facebook. Dia, Sean Parker yang pernah menjadi presiden pertama Facebook merasa bersalah karena telah membantu meciptakan Facebook yang seduktif, adiktif dan bahkan menjadi monster.

Tidak hanya sampai disitu salah seorang mantan petinggi Facebook lainnya juga berkomentar tentang sifat mencandu Facebook ini, seorang yang bernama Chamath Palihapitiya, pernah menjadi vice president Facebook juga mengatakan bahwa Facebook menggunakan taktik dan teknik yang sangat tinggi sehingga menimbulkan efek putaran "Dopamin" terhadap penggunanya yang kemudian mungkin bisa merusak tatanan masyarakat umum(?) Hari demi hari anda akan terus menerus mencandu Facebook dan perlahan kehidupan sosial bermasyarakat anda di dunia nyata akan menjadi kurang dan terbatasi.

Nah setelah mengatahui segala macam hal tentang Facebook yang menurut anda baik atau buruk, itu tergantung anda sendiri. Sebenarnya sosial media ini sangat berpengaruh negatif terhadap anak-anak dan remaja yang terpapar hal-hal yang belum sepatutnya mereka ketahui dan mereka belum memiliki pertimbangan dan ilmu yang cukup untuk membendung pengaruh-pengaruh negatif dari lingkungan. Pertemanan Facebook yang cenderung bebas dan riskan dengan pelanggaran privasi yang beresiko.

Kemudian Benioff juga menambahkan, bahwa industri teknologi itu sama dengan industri lannya butuh peraturan dan pembatasan terlebih lagi pemerintah harus dilibatkan. Demikian komentarnya di sela-sela pertemuan Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss.

sumber: USA TODAY.COM








Comments