Ditemukan Spyware di Panggilan WhatsApp

serangan whatsapp oleh NSO israel
WhatsApp adalah aplikasi chatting dan telepon online yang sangat populer di dunia. Tidak hanya di Indonesia di negara lainpun WhatsApp memperoleh kepopuleran yang sangat baik dan mempunyai basis pengguna yang loyal. Untuk  kamu pecinta WhatsApp kali ini ada berita penting yang perlu kamu baca yaitu tentang ditemukannya celah oleh para hacker untuk membajak handphone kamu dengan pemasangan spyware lewat telepon WhatsApp. Sebelumnya baca Perbedaan Microsoft Office dengan Office 365.

WhatsApp adalah aplikasi yang rajin membuat update dan lewat update ini segala masalah virus dan spyware bisa diatasi. Jadi untuk kamu yang menggunakan WhatsApp untuk hal-hal sensitif tapi tidak mau melakukan update maka akan semakin besar peluang hp kamu di susupi hacker. Dengan sekali menelepon hacker bisa menginstal spyware yang bisa mencatat daftar panggilan, email, pesan,foto dan dokumen yang ada dalam telepon kamu. Bahkan lebih parahnya lagi telepon tersebut tidak perlu diangkat oleh penerima untuk menginstal spyware tersebut. Satu panggilan dari nomor yang tidak dikenal akan membuat seluruh data-data personal kamu akan terancam disadap dan disalah gunakan.

Siapa yang bertanggung jawab dibalik penyerangan WhatsApp ini? Dari Laporan yang dikeluarkan oleh Finacial Times yang bertanggung jawab terhadap penyerangan ini adalah perusahaan intelijen cyber Israel NSO Grup yang merakit dan menyebarkan spyware berbahaya ini. NSO memang berspesialisasi dalam surveillance sosial media global.

Salah satu tool NSO yang powerful bernama Pegasus dapat menyerang pengguna telepon genggam lewat pesan sms palsu yang berisi link berbahaya. Setelah pengguna mengklik link tersebut maka semua yang ada dalam telepon kamu akan diketahui oleh NSO mulai dari penyimpanan, lokasi GPS sampai pembicaraan semuanya akan terpantau oleh server NSO.

Lalu bagaimana cara kita untuk terhindar dari spyware berbahaya ini? Caranya adalah dengan terus mengupdate aplikasi WhatsApp kamu ke versi yang paling baru. Jangan pernah tinggalkan setiap update resmi yang dikeluarkan oleh WhatsApp. Dengan semua security patch yang telah dikeluarkan oleh WhatsApp disetiap update akan membuat akun WA kamu aman dari software berbahaya bikinan perusahaan mata-mata Israel tersebut.

Berikut versi-versi WhatsApp yang terpengaruh dengan spyware NSO:
1. WhatsApp for Android v2.19.134 dan yang lebih lama
2. WhatsApp Bussiness for Android v2.19.44 dan yang lebih lama
3. WhatsApp for iOS v2.19.51 dan yang lebih lama
4. WhatsApp Business for iOS v2.19.51 dan yang lebih lama
5. WhatsApp for Windows Phone v2.18.348 dan yang lebih lama
6. WhatsApp for Tizen v2.18.15 dan yang lebih lama

Jika salah satu versi WhatsApp di atas masih kamu gunakan? Maka ada baiknya melakukan update dan patch versi yang paling tinggi demi keamanan dan kenyaman komunikasi sosial media kamu.(MA)

Comments